Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 06 Desember 2010

Menguak Sedikit Misteri Vespa Kongo

Vespa Kongo adalah sebuah nama jenis Vespa yang dinamakan oleh orang-orang Indonesia. Ya.. Nama vespa kongo memang hanya ada di Indonesia saja. Ditilik dari sejarahnya, nama vespa kongo berasal dari asal mula kedatangan vespa-vespa tersebut di Indonesia. Yaitu dari Pasukan Garuda yang selesai bertugas di Kongo pada tahun 1960an. Para Pasukan tersebut diberi oleh-oleh atau hadiah sebuah Vespa dari berbagai jenis yang konon jenis itu tergantung dari pangkat.Proses mendapatkan vespa itu difasilitasi oleh PBB. Vespa-vespa itu berjenis VNB2 atau cepuk, Vespa VGLA dan VGLB (T4 Germany) dan saya pernah menemukan ada vespa GS VS yang bertuliskan ex pasukan garuda di Bpkbnya. Vespa Kongo yang paling terkenal adalah vespa VGLA dan VGLB.Sehingga kedua jenis Vespa tersebut lazim dijuluki sebagai Vespa Kongo.
Vespa Kongo adalah vespa Touren 4 yang diproduksi di Augsburg,Jerman. Itu bisa dilihat dari beberapa body part yang memang buatan Jerman, bukan Italy seperti vespa kebanyakan. Seperti lampu depan buatan Scharlach, klakson merk Hella, jok Denfeld dan speedometer bermerek VDO.Tetapi entah mengapa spek vespa T4 di Jerman memiliki sedikit perbedaan dengan Vespa Kongo di Indonesia. Seperti lampu belakang, di Jerman vespa T4 menggunakan lampu Schwanneck bermerk Hella. Tetapi saya belum pernah menyaksikan lampu tersebut menempel di vespa kongo garuda kecuali memang sengaja ditambahi. Yang ada di vespa kongo garuda justru lampu belimbing seperti lampu belakang vespa VBB dan VNB. Vespa Kongo juga memiliki keistimewaan dibanding vespa-vespa yang lain pada zamannya. Vespa Kongo memiliki fitur-fitur tambahan seperti sistem kelistrikanya sudah memakai aki, ditambah hadirnya switch sein di setang bagian kiri. Terdapat juga pompa angin yang tersimpan di dalam jok bermerk Denfeld.
Secara tidak langsung, kedatangan pasukan garuda bersama vespanya ikut mendongkrak penjualan vespa di Indonesia. Bahkan menurut saya, kedatangan vespa kongo di tahun 1963 ikut berperan dalam penjualan vespa VBB di tahun berikutnya. Ini bisa dilihat dari jumlah vespa VBB1 di Indonesia keluaran 1961-1962 kalah banyak dibandingkan dengan jumlah vespa VBB2 keluaran tahun 1964-1965. Menurut saya salah satu sebabnya karena diantara tahun kedua VBB itu muncul vespa kongo yang melambungkan nama Vespa di Indonesia dan juga bentuk vespa VBB identik dengan vespa kongo sehingga banyak orang sipil ingin memiliki vespa seperti vespa kongo garuda.Demand akan Vespa kongo juga membuat importir vespa pada masa itu memasukkan vespa VGLB dan VGLA ke Indonesia. Dan muncullah kemudian apa yang disebut dengan Vespa Kongo sipil. Vespa Kongo sipil merupakan pengejawantahan vespa seperti vespa kongo yang dijual untuk kalangan sipil. Vespa kongo sipil sendiri tidak hadir dalam satu macam.Ada vespa kongo sipil yang bentuknya mirip dengan vespa kongo garuda.Ada juga vespa kongo sipil yang seperti vespa T4 untuk kebutuhan ekspor ke swedia, dengan ciri berspeedo oval, jok pisah seperti VBB dan ada besi penghias berbentuk seperti kacamata yang terletak di sidebox kanan-kiri.
Ada lagi saudara kembar vespa kongo yang ada di Italy, yaitu vespa 150s keluaran sekitar tahun 1961-1963. Memang keberadaan vespa 150s ini sulit dicari sumber dan speknya. Tetapi salah satu vespa 150s tersimpan di museum vespa di Pontedera, Pisa. Vespa itu merupakan edisi spesial yang dilukis oleh Salvador Dali. Jika dilihat dari kenampakan fisiknya, Vespa 150s tersebut sangat mirip dengan vespa kongo yang ada di Indonesia.
Well... Vespa secara tidak langsung nama vespa kongo telah melekat di dalam hati banyak scooterist di Indonesia atau bahkan orang yang bukan scooterist sekalipun. Kadang pun terjadi salah kaprah tentang vespa kongo, ada yang menyebut vespa VBB dan VNB biasa merupakan vespa kongo bahkan saya pernah mendengar ada yang menyebut vespa sprint veloce sebagai vespa kongo. Dibalik itu semua, hal ini membuktikan bahwa vespa kongo merupakan nama yang legendaris dalam dunia perskuteran di Indonesia. Dan sampai sekarang vespa kongo merupakan jenis vespa yang banyak diburu pecintanya, termasuk saya yang dari dulu sampai sekarang mengidamkan vespa itu walaupun belum terwujud.

Sumber:
http//www.vespa-indonesia.com//
http//www.vespa-indonesia.web.id//
pralangga.org/articles/asal-usul-misteri-vespa-congo
en.wikipedia.org/wiki/Vespa

2 komentar: